Jumat, 28 Agustus 2015

Pengantar Dasar Matematika

PENGANTAR DASAR  MATEMATIKA
Pengantar dasar matematika membahas substansi logika dan himpunan matematika. Kebanyakan orang setuju bahwa logika dan himpunan memainkan peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Logika dan himpunan terkait erat dengan berbagai ilmu lain yang berhubungan dengan komputer, misalnya matematika diskrit, aljabar linier, dan komputasi numerik. Materi logika, yaitu dasar-dasar logika, tabel kebenaran, proposisi majemuk, tautologi, ekuivalensi logis, pembuktian logika dan analisis argumen, kuantor, dan rangkaian logika. Materi himpunan, yaitu istilah dan simbol himpunan, diagram Venn, relasi himpunan, operasi himpunan, dan relasi.
Materi yang diberikan pada mata kuliah ini sebagaimana telah disebutkan diatas merupakan pendalaman dari materi matematika di sekolah Menengah  Atas  dan  diarahkan  untuk  dapat  dijadikan  dasar  dalam  mempelajari materi pengajaran matematika,  serta diharapkan mahasiswa dapat terbantu  untuk  dapat  memahami  materi  mata  kuliah  lain dalam penyelesaian studi  maupun dalam kehdiupan sehari-hari.
Kompetensi yang dimiliki mahasiswa setelah menempuh matakuliah Pengantar Dasar Matematika bermanfaat bagi mahasiswa tidak saja sebagai bekal untuk menempuh semua matakuliah Keahlian Bidang Studi, akan tetapi bermanfaat pula bagi mahasiswa sebagai sarana berfikir mengembangkan penalaran dan meningkatkan kemampuan berpikir logis.
Perkuliahan ini dimaksudkan membekali mahasiswa agar mampu menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, disamping itu juga membekali mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, rasional, analitis, sistematis, objektif, dan kritis serta kreatif.
Topik – topik Inti
1. Himpunan
2. Sub himpunan
3. Operasi-operasi himpunan
4. Sifat-sifat beberapa operasi pada himpunan beserta pemakaiannya
5. Relasi
6. Fungsi
7. Kalimat pernyataan (proposisi)
8. Operasi-operasi dalam logika matematika
9. Bentuk-bentuk pernyataan
10. Bentuk-bentuk kuantor dalam matematika
11. Penarikan kesimpulan dan berbagai bentuk argument
12. Silogisme
Referensi
1. R.R.Stoll, Set Theory and Logic, Eurosia Publishing House (PVT) Lid, New Delhi, 1976.
2. P. Supper, Axiomatic Set Theory, D. Van Nostrand nc, Priceton, New Jersey, 1961.
3. P. Supper, Introduction to Logic, D. Van Nostrand nc, Priceton, New Jersey, 1967.
4. E.T. Ruseffendi, Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru, Edisi IV, Tarsito, Bandung, 1989.
5. Adjie, Nahrowi dan Maulana, Pemecahan Masalah Matematika, UPI Press, Bandung, 2006.
6. Adjie, Nahrowi, dkk, Konsep DasarMatematika, UPI Press, Bandung, 2006.


Modul Pengantar Dasar Matematika (Unduh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar